Rencanan Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SD BUDI MURNI VI
Tema : Kesehatan
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
Standar Kompetensi
·
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan
tumbuhan, pertumbuhan hewan dan
tumbuhan serta berbagai tempat
hidup makhluk hidup.
Kompetensi
Dasar :
·
Mengidentifikasi
makhluk hidup yang menguntungkan dan Merugikan
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat :
·
Menyebutkan
nama hewan yang merugikan manusia.
·
Menyebutkan nama hewan yang merugikan hewan
lain.
·
Menyebutlkan nama hewan yang merugikan tumbuhan
·
Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan manusia
·
Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi
tumbuhan .
·
Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi
hewan lain.
·
Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia.
·
Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi hewan.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
Dampak Pengiring :
Siswa mengetahui hewan yang merugikan dan menguntungkan bagi hidup manusia
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Gambar
hewan yang menguntungkan bagi manusia
·
Gambar
hewan yang merugikan bagi manusia
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Pemberian
tugas.
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/ Motivasi
:
·
Menyapa
Siswa di kelas , berdoa, mempersiapkan
materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menginformasikan materi yang akan
disampaikan
F Guru Bertanya kepada siswa hewan yang ada di sekitarnya
F Siswa mengklasifikasikan hewan yang
menguntungkan atau merugikan.
F Guru mengulas materi dengan tujuan
memberikan penguatan dan motivasi.
F Guru bercerita yang ada hubungannya dengan
materi.
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengerjakan tugas dari buku
tematik
F Guru mengadakan penilaian.
F Melakukan tanya jawab antara guru dan
siswa tentang hewan disekitarnya yang merugikan manusia, tumbuhan dan
hewan lain.
F Guru
membingbing siswa mengerjakan tugas yang ada pada buku LKS
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang
disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F Buku Tematik kelas 2 penerbit Yrama Widya
F Buku LKS kelas 2
·
Alat
Peraga :
F Gambar
tanaman dan binatang
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
·
Menyebutlkan nama hewan yang merugikan
manusia.
·
Menyebutlkan nama hewan yang merugikan hewan
lain.
·
Menyebutlkan nama hewan yang merugikan
tumbuhan
·
Menyebutlkan nama hewan yang
menguntungkan manusia
·
Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan
bagi tumbuhan .
·
Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan
bagi hewan lain.
·
Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia.
·
Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi hewan.
·
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
·
Sebutlkan nama hewan yang merugikan manusia.
·
Sebutlkan nama hewan yang merugikan hewan lain.
·
Sebutlkan nama hewan yang merugikan tumbuhan
·
Sebutlkan nama hewan yang menguntungkan manusia
·
Sebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi
tumbuhan .
·
Sebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi
hewan lain.
·
Sebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia.
·
Sebutkan manfaat tumbuhan bagi hewan.
·
LKS
·
Lmbar
observasi.
|
v
Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
Mengetahui
Guru Pamong
Tiodora Aniartha
|
]
|
7 Oktober 2013
Praktikan
Rotua Junita
Sitohang
|
Post a Comment