PROGRAM TAHUNAN BAHASA INDONESIA KELAS IX SEMESTER 1 (SATU)



PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
NAMA SEKOLAH      : SMP N 3 PARLILITAN
KELAS / SEMESTER  : IX / 1 (SATU)
MATA PELAJARAN   : BAHASA INDONESIA

SSEMESTER
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR /PENCAPAIAN KOMPETENSI
ALOKASI WAKTU
KETERANGAN

ASPEK MENDENGARKAN


1.Memahami dialog
 Interaktif pada tayangan televisi / siaran radio.
1.1.Menyimpulkan dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi  / siaran radio.
·      Menentukan tema dialog interaktif
·      Menyimpulkan isi dialog interaktif dengan alasan yang logis.
6×40’



1.2.Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi / siaran radio.
·      Mendata pendapat tiap – tiap narasumber
·      Mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang menyakinkan.
6×40’


ASPEK : BERBICARA





2. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan.
2.1.Mengkritik / memuji berbagai karya (seni atau produk ) dengan bahasa yang lugas dan santun.
·      Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya.
·      Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas dan santun.
6×40’



2.2.Melaporkan secara lisan bebagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas.
·      Mampu mendata pokok –pokok secara rinci.
·      Mampu melaporkan peristiwa dengan kalimat yang jelas.
6×40’


ASPEK : MEMBACA





3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai.
3.1. Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif.
·      Mampu mendata fakta yang ada dalam teks.
·      Mampu mendata opini yang ada dalam teks.
·      Mampu meembedakan fakta dan opini.
6×40’



3.2. Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari Indeks buku melalui kegiatan membaca memindai.
·      Mampu menemukan kata dalam buku yang dirujuk.
·      Mampu menemukan informasi dengan paduan indeks.
6×40’


ASPEK : MENULIS





4.Mengungkapkan infosmasi dalam bentuk iklan baris , resensi dan karangan.
4.1.Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat , padat , dan jelas
·      Mampu menentukan objek yang akan diiklakan .
·      Mampu menyingkat kata –kata sesuai dengan kebiasaan iklan baris.
·      Mampu menulis iklan baris dengan bahan yang singkat padat dan jelas.
6×40’



4.2.Meresensi buku pengetahuan.
·      Mampu mengindentifikasi bentuk fisik dan isi serta menunjukkan kelebihan dan kekurangannya.
·      Mampu merangkum isi buku.
·      Mampu menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan atas isi buku.
·      Mampu meresensi buku pengetahuan.
·      Mampu menyunting resensi.
6×40’




4.3.Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan , pilihan kata , keefektipan kalimat , keterpaduan  , paragrap , dan kebulatan wacana.
·      Mampu menemukan kesalahan ejaan , pilihan kata , keefektifan kalimat , keterpaduan paragraph kebulatan wacana.
·      Mampu memperbaiki kesalahan ejaan , pilihan kata , keefektifan kalimat , keterpaduan paragraph kebulatan wacana.


6×40’


ASPEK : MENDENGARKAN






5. Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair.
5.1.Mampu menemukan tema jenis syair yang diperdengarkan
·      Mampu menemukan tema syair berdasarkan inti pengungkapan syair.
·      Mampu menangkap pesan syair dengan bukti yang menyakinkan.
6×40’



5.2. Menganalisis unsur – unsur syair yang diperdengarkan
·      Mampu menyimpulkan syarat – syarat syair .
·      Mampu menganalisis syair yang diperdengarkan berdasarkan unsur – unsur syair.
6×40’


ASPEK : BERBICARA





6. Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk lain.
6.1. Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen.
·      Menentukan bagian – bagian cerita dengan panduan tahap – tahap dalam alur.
·      Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai dengan alur aslinya.
6×40’



6.2. Menyampaikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana / rima yang dibangun.
·      Mampu menentukan suasana puisi.
·      Mampu menghubungkan suasana puisi dengan irama musikalisasi puisi.
·      Mampu menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana / rima yang dibangun.
6×40’


ASPEK : MEMBACA





7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek (cerpen).
7.1. Mementukan tema ,latar , dan penokohan pada cerpen – cerpen dalam ssatu kumpulan cerpen.
·      Mampu menyimpulkan tema cerpen.
·      Mampu menemukan latar cerpen dengan bukti factual.
·      Mampu menemukan karakter tokoh cerpen dengan bukti yang menyakinkan.
6×40’



7.2. Menganalisis nilai – nilai kehidupan pada cwrpen – cerpen dalam suatu buku kumpulan cerpen.
·      Mampu menenemukan nilai – nilai kehidupan yang positif maupun negative dalam kumpulan cerpen.
·      Mampu membandingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan siswa.
·      Mampu menyimpulkan nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan siswa.
6×40’


ASPEK : MENULIS





8.Mengungkapkan kembali pikiran , perasaan , dan pengalaman dalam cerita pendek.
8.1.  Menulis kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca.
·      Mampu menemukan ide ide pokok sesuai tahap tahap alur dalam cerita.
·      Mampu mengembangkan ide ide pokok dalam cerpen.
6×40’



8.2. Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa – peristiwa yang pernah dialami.
·      Mampu mendata peristiwa peristiwa yang pernah dialami.
·      Mampu menentukan konflik yang ada dalam peristiwa yang dipilih.
·      Mampu menentukan alur cerita.
·      Mampu menuliskan cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami.
6×40’


Ulangan Harian
Ulangan MID Semester
Ulangan akhir semester
Remedial
Persiapan Rapor


6×40’
6×40’
6×40’

                                                                                                                                                                                                               



                                                                                                                                                                                               
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014. BUKU INFORMASI MENARIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger