PROGRAM TAHUNAN
TAHUN
PELAJARAN 2013 / 2014
NAMA SEKOLAH :
SMP N 3 PARLILITAN
KELAS / SEMESTER : IX
/ 1 (SATU)
SSEMESTER
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR /PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
ALOKASI WAKTU
|
KETERANGAN
|
ASPEK MENDENGARKAN
|
|||||
1.Memahami dialog
Interaktif pada tayangan
televisi / siaran radio.
|
1.1.Menyimpulkan dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan
televisi / siaran radio.
|
·
Menentukan tema dialog interaktif
·
Menyimpulkan isi dialog interaktif dengan alasan
yang logis.
|
6×40’
|
||
1.2.Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada
tayangan televisi / siaran radio.
|
·
Mendata pendapat tiap – tiap narasumber
·
Mengomentari pendapat narasumber dengan alasan
yang menyakinkan.
|
6×40’
|
|||
ASPEK : BERBICARA
|
|||||
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk
komentar dan laporan.
|
2.1.Mengkritik / memuji berbagai karya (seni atau produk ) dengan
bahasa yang lugas dan santun.
|
·
Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan
karya.
·
Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang
lugas dan santun.
|
6×40’
|
||
2.2.Melaporkan secara lisan bebagai peristiwa dengan menggunakan
kalimat yang jelas.
|
·
Mampu mendata pokok –pokok secara rinci.
·
Mampu melaporkan peristiwa dengan kalimat yang
jelas.
|
6×40’
|
|||
ASPEK : MEMBACA
|
|||||
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca
memindai.
|
3.1. Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat
kabar melalui kegiatan membaca intensif.
|
·
Mampu mendata fakta yang ada dalam teks.
·
Mampu mendata opini yang ada dalam teks.
·
Mampu meembedakan fakta dan opini.
|
6×40’
|
||
3.2. Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari
Indeks buku melalui kegiatan membaca memindai.
|
·
Mampu menemukan kata dalam buku yang dirujuk.
·
Mampu menemukan informasi dengan paduan
indeks.
|
6×40’
|
|||
ASPEK : MENULIS
|
|||||
4.Mengungkapkan infosmasi dalam bentuk iklan baris , resensi dan
karangan.
|
4.1.Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat , padat , dan
jelas
|
·
Mampu menentukan objek yang akan diiklakan .
·
Mampu menyingkat kata –kata sesuai dengan
kebiasaan iklan baris.
·
Mampu menulis iklan baris dengan bahan yang
singkat padat dan jelas.
|
6×40’
|
||
4.2.Meresensi buku pengetahuan.
|
·
Mampu mengindentifikasi bentuk fisik dan isi serta
menunjukkan kelebihan dan kekurangannya.
·
Mampu merangkum isi buku.
·
Mampu menuliskan pendapat pribadi sebagai
tanggapan atas isi buku.
·
Mampu meresensi buku pengetahuan.
·
Mampu menyunting resensi.
|
6×40’
|
|||
4.3.Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan ,
pilihan kata , keefektipan kalimat , keterpaduan , paragrap , dan kebulatan wacana.
|
·
Mampu menemukan kesalahan ejaan , pilihan kata
, keefektifan kalimat , keterpaduan paragraph kebulatan wacana.
·
Mampu memperbaiki kesalahan ejaan , pilihan
kata , keefektifan kalimat , keterpaduan paragraph kebulatan wacana.
|
6×40’
|
|||
ASPEK : MENDENGARKAN
|
|||||
5. Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan
syair.
|
5.1.Mampu menemukan tema jenis syair yang diperdengarkan
|
·
Mampu menemukan tema syair berdasarkan inti
pengungkapan syair.
·
Mampu menangkap pesan syair dengan bukti yang
menyakinkan.
|
6×40’
|
||
5.2. Menganalisis unsur – unsur syair yang diperdengarkan
|
·
Mampu menyimpulkan syarat – syarat syair .
·
Mampu menganalisis syair yang diperdengarkan
berdasarkan unsur – unsur syair.
|
6×40’
|
|||
ASPEK : BERBICARA
|
|||||
6. Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk lain.
|
6.1. Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen.
|
·
Menentukan bagian – bagian cerita dengan
panduan tahap – tahap dalam alur.
·
Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen
sesuai dengan alur aslinya.
|
6×40’
|
||
6.2. Menyampaikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman
pada kesesuaian isi puisi dan suasana / rima yang dibangun.
|
·
Mampu menentukan suasana puisi.
·
Mampu menghubungkan suasana puisi dengan irama
musikalisasi puisi.
·
Mampu menyanyikan puisi yang sudah
dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana / rima
yang dibangun.
|
6×40’
|
|||
ASPEK : MEMBACA
|
|||||
7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan
cerita pendek (cerpen).
|
7.1. Mementukan tema ,latar , dan penokohan pada cerpen – cerpen
dalam ssatu kumpulan cerpen.
|
·
Mampu menyimpulkan tema cerpen.
·
Mampu menemukan latar cerpen dengan bukti
factual.
·
Mampu menemukan karakter tokoh cerpen dengan
bukti yang menyakinkan.
|
6×40’
|
||
7.2. Menganalisis nilai – nilai kehidupan pada cwrpen – cerpen dalam
suatu buku kumpulan cerpen.
|
·
Mampu menenemukan nilai – nilai kehidupan yang
positif maupun negative dalam kumpulan cerpen.
·
Mampu membandingkan nilai kehidupan dalam
cerpen dengan nilai kehidupan siswa.
·
Mampu menyimpulkan nilai kehidupan dalam
cerpen yang dapat menjadi teladan siswa.
|
6×40’
|
|||
ASPEK : MENULIS
|
|||||
8.Mengungkapkan kembali pikiran , perasaan , dan pengalaman dalam
cerita pendek.
|
8.1. Menulis kembali dengan
kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca.
|
·
Mampu menemukan ide ide pokok sesuai tahap
tahap alur dalam cerita.
·
Mampu mengembangkan ide ide pokok dalam
cerpen.
|
6×40’
|
||
8.2. Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa – peristiwa yang
pernah dialami.
|
·
Mampu mendata peristiwa peristiwa yang pernah
dialami.
·
Mampu menentukan konflik yang ada dalam
peristiwa yang dipilih.
·
Mampu menentukan alur cerita.
·
Mampu menuliskan cerita pendek bertolak dari
peristiwa yang pernah dialami.
|
6×40’
|
|||
Ulangan Harian
Ulangan MID Semester
Ulangan akhir semester
Remedial
Persiapan Rapor
|
6×40’
6×40’
6×40’
|
Post a Comment