PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2013 /2014
NAMA SEKOLAH : SMP N 3 PARLILITAN
KELAS / SEMESTER : IX / II ( KEDUA )
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
ASPEK : MENDENGAKAN
STANDAR KOMPETENSI : 9 . Memahami isi pidato /
khotbah / ceramah.
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
KKM
|
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOPEMBER
|
DESEMBER
|
Tk per kd
%
|
|||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|||||
TM
|
NTM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
9.1
Menyimpulkan pesan pidato / ceramah khotbah
yang didengar
|
·
Mampu menemukan hal-hal pokok dalam pidato /
khotbah / ceramah.
·
Mampu menyimpulkan pesan pidato /khotbah /
ceramah.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.2
Memberi komentar tentang isi pidato / ceramah /
khotbah
|
·
Mampu menemukan isi pidato / ceramah /
khotbah.
·
Mampu memberi komentar dengan alasan logis dan
bahasa yang santun tentang isi pidato / ceramah / khotbah.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ASPEK : BERBICARA
STANDAR KOMPETENSI :
10 Mengungkapkan pemikiran, perasaan, dan informasi dalam pidato dan diskusi
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
KKM
|
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOPEMBER
|
DESEMBER
|
Tk per kd
%
|
|||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|||||
TM
|
NTM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
10.1Berpidato / berceramah / berkhotbah dengan intonasi yang tepat
dan artikulasi serta volume suara yang jelas.
|
·
Mampu menyunting garis besar kerangka pidato /
ceramah/ khotbah.
·
Mampu berpidato/ berceramah / berkhotbah
dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.2 Menerapkan prinsip-prinsip diskusi.
|
·
Mampu menyimpulkan mekanisme diskusi.
·
Mampu menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi.
·
Mampu menerapkan prinsip-prinsip diskusi dalam
diskusi kelas.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ASPEK : MEMBACA
STANDAR KOMPETENSI :
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan
membaca cepat.
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
KKM
|
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOPEMBER
|
DESEMBER
|
Tk per kd
%
|
|||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|||||
TM
|
NTM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
11.1 Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan
buku melalui kegiatan membaca ekstensif.
|
·
Menemukan gagasan dari artikel.
·
Menemukan gagasan dari buku.
·
Mengutip pernyataan dari artikel atau buku
sebagai referensi dalam penulisan karya tulis.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.2 Mengubah sajian grafik table atau bagan menjadi uraian melalui
kegiatan membaca intensif.
|
·
Mengindentifikasi isi grafik, table, atau
bagan.
·
Menerapkan isi grafik, table, atau bagan
kedalam beberapa kalimat.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.3 Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca
cepat ± 300 kata per menit.
|
·
Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri
sendiri dan teman.
·
Mampu menjawap pertanyaan dengan peluang 75 %.
·
Mampu menyimpulkan gagasan utama suatu teks.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ASPEK : MENULIS
STANDAR KOMPETENSI : 12.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk karya ilmiah
sederhana, teks pidato, surat pembaca.
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
KKM
|
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOPEMBER
|
DESEMBER
|
Tk per kd
%
|
|||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|||||
TM
|
NTM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
12.1 Menulis karya tulis sederhana dengan
menggunakan berbagai sumber.
|
·
Mampu menentukan sistematika karya tulis.
·
Mampu menuliskan catatan pustaka dan daftar
pustaka sebagai rujukan.
·
Mampu menulis karya tulis sederhana dengan
menggunakan bahasa sumber.
·
Mampu menyunting karya tulis.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.2 Menulis teks pidato/ ceramah/ khotbah dengan sisrematika dan
bahasa yang efektif.
|
·
Mampu menentukan tema pidato/ ceramah/
khotbah.
·
Mampu menyusun kerangka pidato/ ceramah/
khotbah.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.3 Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah.
|
·
Mampu menentukan hal-hal pokok dalam surat
pembaca
·
Mampu menentukan permasalahan/ usulan/ surat
pembaca.
·
Mampu menulis surat pembaca.
·
Mampu menyunting surat pembaca.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ASPEK :
MENDENGARKAN
STANDAR KOMPETENSI :
13. Memahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/
synopsis novel.
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
KKM
|
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOPEMBER
|
DESEMBER
|
Tk per kd
%
|
|||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|||||
TM
|
NTM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
13.1 Menerangkan sifat sifat tokoh dari kutipan
novel yang dibacakan.
|
·
Mampu menetukan tokoh-tokoh.
·
Mampu menentukan sifat sifat tokoh dengan
alasan yang menyakinkan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.2 Menjelaskan alur peristiwa dari synopsis novel yang dibacakan.
|
·
Mampu menentukan tahap-tahap.
·
Mampu mengindentifikasi perstiwa dari synopsis
tang didengar berdasarkan alurnya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ASPEK : BERBICARA
STANDAR KOMPETENSI :
14 Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan naskah drama.
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
KKM
|
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOPEMBER
|
DESEMBER
|
Tk per kd
%
|
|||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|||||
TM
|
NTM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
14.1 Membahas pementasan drama yang naskahnya
ditulis oleh siswa.
|
·
Mampu menentukan unsur-unsur drama.
·
Mampu membahas pementasan drama melalui
kegiatan diskusi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.2 Menilai pementasan drama
yang dilakukan oleh siswa.
|
·
Mampu menentukan unsur-unsur yang akan
dinilai.
·
Mampu menilai pementasan teman melalui
diskusi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ASPEK : MEMBACA
STANDAR KOMPETENSI :
15 Memahami novel dari berbagai angkatan.
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
KKM
|
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOPEMBER
|
DESEMBER
|
Tk per kd
%
|
|||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|||||
TM
|
NTM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
15.1 Mengindentifikasi kebiasaan, adat, etika yang
terdapat dalam novel angkatan 20-30 an.
|
·
Mampu mendata kebiasaan, adat, etika yang
terdapat pada novel.
·
Mampu mengartikan isi novel dengan masa kini.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.2 Membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30 an.
|
·
Mampu mengindentifikasi karakter (kebiasaan,
adat, etika,dll) novel 20-3o an.
·
Mampu membandingkan karakteristik novel
angkatan 20-30 an dengan novel masa kini.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ASPEK : MENULIS
STANDAR KOMPETENSI :
16 Menulis naskah drama
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
KKM
|
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOPEMBER
|
DESEMBER
|
Tk per kd
%
|
|||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|||||
TM
|
NTM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
16.1 Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang
sudah dibaca.
|
·
Mampu mengindentifikasi pokok-pokok cerita
dalam cerpen.
·
Mampu menulis naskah drama berdasarkan cerpen
yang dibaca.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.2 Menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata.
|
·
Mampu memilih peristiwa nyata yang akan
didramakan.
·
Mampu menyusun urutan adegan untuk satu babak.
·
Mampu mengembangkan urutan adegan menjadi
naskah drama satu babak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian
Mid Semester
Remedial
Persiapan Rapor
Cadangan
Persiapan target kurikulum setiap
bulan/minggu :
Ren : %
Pelak : %
|
JULI
|
AGUSTUS
|
SEBTEMBER
|
OKTOBER
|
NOVEMBER
|
DESEMBER
|
TK PER KD
|
||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : TM : Tatap muka
NTM : Non tatap muka
TK
: Target kurikulum
REN
: Rencana
PELAK : pelaksanaan
Jumlah JP per KD × %
Rumus
: TK per KD = Jumlah JPTM dalam 1smtr
Jumlah
JP per KD × 100
% + TK bln sebelumnya.
TK
per Bulan : Jumlah JP per KD = Jumlah
JPTM dalam 1smtr
Post a Comment